Qur'an dan Sunnah

Agama itu Nasehat

Cara Menguatkan Iman dan Melembutkan Hati

Posted by Admin pada 07/01/2010

Cara Menguatkan Iman dan Melembutkan Hati

Penulis: Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin

Soal :

Bagaimana seseorang mampu menjadikan imannya kuat padahal ia tidak terpengaruh oleh ayat-ayat Al-Qur’an yang dibacanya kecuali sedikit ?

Jawab :

Riskas kata, di sini nampak bahwa orang yang mengatakan perkataan ini beriman kepada hari akhir dan membenarkannya, padahal dalam hatinya ada sedikit sifat keras kepala. Pada zaman kita sekarang orang yang mempunyai sifat keras kepala seperti ini sangat banyak. Yang menjadi sebabnya adalah sikap menjauhkan diri dari memperhambakan dan merendahkan diri secara sempurna kepada Allah.

Sekiranya manusia mau memperhatikan Al-Qur’an dan merenungkannya, niscaya hatinya akan lembut dan khusyu’ karena Allah berfirman (yang artinya) :

Sekiranya Kami menurunkan Al-Qur’an ini kepada sebuah gunung, pasti kamu akan melihatnya tunduk terpecah belah di sebabkan takut kepada Allah…”(QS. Al-Hasyr (50) : 21).

Diantara sebab-sebab manusia menjadi bersifat keras kepala adalah karena glamournya kehidupan dunia masa kini dan terfitnah oleh keglamouran ini serta banyaknya kesulitan-kesulitan hidup di dunia. Oleh karena itu, Anda menemukan orang-orang kecil yang tidak memiliki akses kepadanya, mereka justru menjadi orang yang khusyu’ dan lebih banyak menangis daripada orang-orang yang terpandang. Hal ini dapat kita saksikan dan kalian pun dapat menyaksikan orang seperti ini sekarang di lantai-lantai Masjidil Haram.

Anda dapat menemukan remaja-remaja berumur 18 tahun dan yang sebaya dengannya menangis ketika membaca ayat-ayat Al-Qur’an yang berisikan ancaman dan kabar gembira.

Tangis mereka labih keras daripada tangis orang-orang dewasa, karena hati mereka lebih lembut. Hal ini disebabkan mereka belum banyak tergantung kepada dunia dan belum pula terjepit oleh berbagai berbagai kesulitan yang besar atau yang kecil. Oleh karena itu, kita melihat mereka jauh lebih khusyu’ dan hatinya lebih lembut dari pada mereka yang memperoleh akses dunia dan mendapatkan kesempatan mengolah dunia, sehingga hati mereka galau, pikiran mereka bercabang-cabang kesana kemari.

Maka dari itu, nasehat kepada saudara adalah hendaknya hatinya dan pikirannya terfokus pada agama saja, keinginan kuat untuk membaca Al-Qur’an dengan penuh renungan dan perlahan-lahan. Hendaknya ia juga berkemauan keras untuk menelaah hadits-hadits yang membuat kabar gembira dan ancaman agar hatinya menjadi lunak.

Maroji’ :

Di jawab oleh Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin dalam kitab Majmu’ Duruus wa Fataawa Al-Haraam Al-Makii, juz 3, hal. 380.

Sumber : Buletin Dakwah At-Tashfiyyah, Surabaya Edisi : 17 / Rajab / 1425 H dari darussalaf.or.id offline Penulis: Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin Judul: Cara Menguatkan Iman.

Baca Risalah terkait ini:
1.5 (Lima) Perkara yang Dapat Meningkatkan Iman Seseorang
2.AKANKAH AMALKU DITERIMA?
3.22 Perkara Yang Membatalkan Amalan Seseorang
4.Sulitnya Taubat Bagi Orang yang Mengamalkan Bid’ah
5.Amalan Apa Yang Paling Utama?

About these ads

2 Tanggapan to “Cara Menguatkan Iman dan Melembutkan Hati”

  1. Alusia May said

    boleh ikut berkomen???
    kualitas iman kita tidak bisa diraih dalam sekejap mata, karena maqom kita bukan maqom nabi atau wali wali Alloh,kita dapat meningkatkan kualitas iman kita dengan proses, prosesnya gimana? ya sebisa dan sekuat mungkin kita selalu mengerjakan apa yang diperintahkan dan menjauhi laranganNya, walaupun awalnya dalam menjalankan kita belum ikhlas, atau mungkin masih terselip sikap riya, saya kira gak apa apa, lawong namanya proses, saya kira lumrah rasa itu ada diwaktu awal kita mengerjakannya, kalo kita istiqomah menjalankannya, Insya Alloh dan semoga itu menjadi awal kita selalu ikhlas dalam bertaqwa kepada Alloh SWT…

    Allahu’alam,
    Bisa juga anda baca : Akankah Amalku Diterima ?, semoga bermanfaat.

  2. eddybudianto said

    saya mohon izin berkomentar….
    parameter keimanan tidak bisa kita ukur, tapi bisa kita rasakan, lihat, dengar, dan menaksir…. tapi, benar juga sih pergaulan zaman modern ini tantangan dan godaannya luar biasa…. satu-satunya yg bisa menjaga kita adalah jika kita selalu dekat dgn sang khaliq Allah SWT. melalui apa ??? ya salah satunya sering membaca Alquran, hadist2, bergaul dgn orang-orang soleh/solehah, menciptakan suasana islami dilingkungan kita….dlsb. wallahu alam bissawab.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 689 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: