Qur'an dan Sunnah

Agama itu Nasehat

Hukum Menonton SEPAK BOLA di Televisi?

Posted by Admin pada 22/01/2010

Penulis: Asy-Syaikh Muhammad bin Sholeh Al-’Utsaimin rohimahulloh

Pertanyaan:

Apa hukum menonton sepak bola yang ditayangkan di televisi?

Jawaban :

Saya memandang bahwa menyaksikan permainan-permainan yang ditayangkan di televisi atau yang lainnya dari berbagai tayangan adalah menyia-nyiakan waktu.

Dan sesungguhnya seorang manusia yang berakal, dia tidak akan menyia-nyiakan waktunya dengan perkara-perkara seperti ini yang tidak mendatangkan faedah sama sekali. Ini jika dia selamat dari kerusakan lainnya. Dan jika terdapat bersamanya kerusakan yang lain,yang akan menumbuhkan dalam hati penontonnya yang bersenang-senang tersebut perasaan bangga kepada pemain yang kafir, maka ini tidak meragukan lagi adalah perbuatan haram,sebab kita tidak boleh sama sekali memuliakan orang kafir, apapun yang dia dapatkan dari kemajuan, sesungguhnya tidak boleh sama sekali kita memuliakan mereka. Ataukah pada pertandingan-pertandingan tersebut telah Nampak padanya paha-paha para pemuda yang dapat menimbulkan fitnah,bahkan menurut pendapat yang mengatakan bahwa paha bukan termasuk aurat, maka saya tidak mengatakan bahwa para pemuda boleh menampakkan pahanya sama sekali, Adapun kalau kita menyatakan bahwa Paha termasuk aurat, sebagaimana yang masyhur dari madzhab Imam Ahmad,maka perkaranya lebih jelas lagi bahwa hal tersebut tidak boleh.

Yang jelas,yang aku nasehatkan kepada saudara-saudaraku agar mereka semangat untuk menjaga waktu-waktunya,karena sesungguhnya waktu itu lebih mahal dari harta.apakah kalian tidak membaca firman Allah Ta’ala:

(حَتَّى إِذَا جَاء أَحَدَهُمُ الْمَوْتُ قَالَ رَبِّ ارْجِعُونِ لَعَلِّي أَعْمَلُ صَالِحًا فِيمَا تَرَكْتُ )

sehingga apabila telah datang kematian ke salah seorang dari mereka,maka ia berkata: kembalikanlah aku.Semoga aku bisa kembali beramal shalih terhadap apa yang telah aku tinggalkan”.

Dia tidak mengatakan: kembalikan aku agar aku dapat bersenang-senang dengan dunia,namun dia mengatakan “semoga aku dapat beramal saleh terhadap apa yang aku tinggalkan,untuk menggantikan waktu yang telah ia lewati sebelum mati.

(transkrip dari kaset yang berisi fatwa beliau tersebut)

حكم مشاهدة كرة القدم

السؤال: ما حكم رؤية مباراة كرة القدم التي تعرض في التلفاز؟

الجواب: الذي أرى أن مشاهدة الألعاب التي تعرض في التلفاز أو في غيره من المشاهدات أنها مضيعة للوقت وأن الإنسان العاقل الحاذق لا يضيع وقته بمثل هذه الأمور التي لا تعود إليه بفائدة إطلاقا,هذا إن سلمت من شر آخر ,فإن اقترن بها شر آخر بحيث يقوم في قلب متفرج تعظيم اللاعب الكافر مثلا فإن هذا حرام بلا شك,لأنه لا يجوز لنا أن نعظم الكفار أبدا مهما حصل له من التقدم فإنه لا يجوز لنا أن نعظمهم ,أو كانت هذه المبارات قد ظهرت فيها أفخاذ شباب يحصل بها الفتنة.فإن الراجح عندي أنه لا يجوز لشباب حين لعب الكرة أن يخرجوا أفخاذه لما في ذلك من الفتنة حتى على القول بأن الفخذ ليس بعورة فلا أرى أن الشباب يخرج فخذه أبدا .أما إذا قلنا بأن الفخذ عورة كما هو المشهور من مذهب الإمام أحمد فالأمر فيها واضح أنه لا يجوز على كل حال.فالذي أنصح به إخواننا أن يحرصوا على أوقاتهم فإن الأوقات أغلى من الأموال,ألم تقرؤوا قول الله تعالى:

(حَتَّى إِذَا جَاء أَحَدَهُمُ الْمَوْتُ قَالَ رَبِّ ارْجِعُونِ لَعَلِّي أَعْمَلُ صَالِحًا فِيمَا تَرَكْتُ )

لم يقل: ارجعون لأتمتع بالدنيا ولكن يقول: لَعَلِّي أَعْمَلُ صَالِحًا فِيمَا تَرَكْتُ بدلا من الوقت الضائع الذي أمضاه قبل أن يموت,

(قتوى ابن عثيمين)

Sumber: Darussalaf.or.id dinukil dari http://ibnulqoyyim.com Judul Diterjemahkan oleh Al Ustadz Abu Karimah Askari bin Jamal Penulis: Asy-Syaikh Muhammad bin Sholeh Al-’Utsaimin rohimahulloh, Judul Hukum Menonton Sepak Bola di Televisi?

Baca Risalah terkait ini:
1.Kehidupan Dunia Hanyalah Kesenangan yang Menipu
2.Macet Berjam-jam Hingga Keluar Waktu Shalat, Bolehkah Menjamaknya?
3.Dan Akhirnya Aku Tersadar Dari Kelalaianku
4.Wahai Anakku, Dirikanlah Shalat..!
5.Orang Yang Tidak Menjalankan Sholat Terus-menerus
6.Fatwa-fatwa Ulama Ahlus Sunnah Seputar Hukum Video dan Gambar

About these ads

4 Tanggapan to “Hukum Menonton SEPAK BOLA di Televisi?”

  1. Rahmat said

    Mohon untuk memuat artikel kembali ke Al-Qur’an terutama Surat Al-Ma’un. Semakin banyak orang yg tahu Islam tapi semakin banyak anak yatim yang terlantar dan orang miskin yang kelaparan bahkan busung lapar. Bukankah karena salah seluruh umat yg iman?

  2. [...] Baca Risalah terkait ini: 1.Dalil-Dalil tentang Gambar Makhluk Hidup 2.Malaikat Rahmat Tidak Akan Memasuki Rumah yang Didalamnya Terdapat Gambar, Patung dan Anjing 3.BAHAYANYA Cerita-Cerita Khayalan dalam Komik Untuk Anak-Anak 4.Wanita Penebar Pesona, Menuai Petaka 5.Al Qur`an Turun Tidaklah Untuk Dipajang di Dinding Dan dijadikan Sebagai Lukisan / Ukiran Kaligrafi 6.Fatwa-fatwa Ulama Ahlus Sunnah Seputar Hukum Video dan Gambar 7.Hukum Menonton SEPAK BOLA di Televisi? [...]

  3. [...] Hukum Menonton SEPAK BOLA di Televisi? [...]

  4. [...] Wanita Penebar Pesona, Menuai PetakaTerbisu Saat Sholat « Qur'an dan Sunnah pada Hukum Menonton SEPAK BOLA di Televisi?Terbisu Saat Sholat « Qur'an dan Sunnah pada Fatwa-fatwa Ulama Ahlus Sunnah Seputar Hukum [...]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 672 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: