Qur'an dan Sunnah

Agama itu Nasehat

Adakah Zakat Gaji Bulanan atau Zakat Penghasilan ?

Posted by Admin pada 26/05/2009

oleh: As Syaikh Ahmad Bin Yahya An Najmi

1. Pertanyaan:

Apakah gaji bulanan ada (kewajiban) zakatnya?

Jawaban :

Tidak Ada zakat padanya kecuali bila anda menerima gaji, dan tetap tersimpan bersamamu satu haul (tahun).

As Syaikh Abu Usamah Abdullah Bin Abdurrahim Al Bukhari

2. Pertanyaan:

Tolong jelaskan hukum zakat profesi? (dibahasakan kepada Syaikh dengan nama penghasilan bulanan -red) [1]

Jawaban:

Syaikh Abu Usamah Abdullah Bin Abdurrahim Al Bukhari pada sore 5 Syawal 1425, menjawab sebagai berikut:

Pemasukan bulanan yang disebut oleh para pegawai dengan nama gaji (bulanan), apabila digunakan dan selalu habis, maka tidak ada zakat padanya.”

Zakat itu diwajibkan dengan beberapa perkara:

Satu: Harta yang terkumpul telah berlalu padanya satu haul yaitu satu tahun

Dua: Hendaknya telah mencapai nisabnya

Apabila telah berlalu satu haul dan telah sempurna, bersama pemilikan, serta mencapai nisabnya, maka diwajibkan padanya zakat, baik itu gaji bulanan, atau harta yang yang dia simpan selain dari gaji bulanannya, atau selainnya, maka wajib zakat senilai 2,5% pada harta yang ada.”

Asy Syaikh Abdullah Bin Abdurrahman Jibrin

3. Pertanyaan:

Gajiku 8000 Real dan pada setiap bulannya kebanyakan tidak tersisa kecuali jumlah yang sedikit. Apakah ada kewajiban zakat terhadapku? Kami mohon penjelasan bagaimana mengeluarkan zakat gaji bulanan? Ia adalah perkara yang musykil bagi banyak orang.

Jawaban:

Tidak ada zakat pada suatu harta hingga telah berputar padanya satu haul (satu tahun). Maka bila engkau telah menghabiskan gaji tersebut, maka tidak ada zakat terhadapmu. Apabila engkau menyimpan gaji tersebut seukuran nisabnya, maka wajib zakat terhadapmu bila telah berputar satu haul pada harta simpanan itu… (Baca Fatawa Zakah dari Situs Beliau)

[1]Pertanyaan oleh Juhdi -Desa Wanasari Kec. Cibitung Kab. Bekasi -juhdi@…co.id.

Sumber: http://ghuroba.blogsome.com dikutip dari Majalah An Nashihah Volume 11 Tahun 1/1427 H hal.5 ol& Vol 09 Tahun 1/1426 H hal. 4

Iklan

6 Tanggapan to “Adakah Zakat Gaji Bulanan atau Zakat Penghasilan ?”

  1. magianapajak said

    Antum sangat produktif rupanya, hampir setiap hari posting. Bahkan dalam 1 hari bisa posting lebih dari 1 artikel. Semoga menjadi amal baik antum.
    Btw mau nannya nih : gmn caranya biar yg tampil di blog itu ringkasannya aja, jadi ga semua nongol di halaman utama. Mksh sblmnya ya..

    ———————
    Alhamdulillah, ada waktu luang ana baca2 dan posting untuk menambah pengetahuan ana yang minim.
    Untuk penggalan baris kata gunakan MORE cari saja gbr icon diatas. atau bisa dilihat di Panduan.wordpress.com untuk pemula. Barakallahufiik

  2. habibzu said

    assalamu’alaikum.
    sepakat nih. zakat profesi tuh model baru. apalagi setahuku dipotong dari gaji bulanan. masa zakat kok dicicil bulanan. dan gaji kotor lagi. kan belum dipakai buat menuhin kebutuhan. mestinya tercapai haul dulu, itupun kalau nishab terpenuhi juga dan sesudah dipakai memenuhi kebutuhan. alhamdulillah aku bukan pegawai ngeri. zakat ya aku bayar setahun buku.
    memang sih ada rukhsoh soal menyegerakan atau menunda pembayaran zakat, tapi temporal dan kasuistis sifatnya.
    sudah ah…. maaf kalau salah kata dan sok akrab.
    salam kenal
    assalamu’alaikum….

    wa’alaikumsalam

  3. sebelum dan sesudah nya aku minta maaf bila ada kehilafan dalam kata2 yang aku tulis.kalo aku tidak salah…aku baca di alquran,hanya aku lupa ayat apa.Di setiap rezeki yang kita dapatkan ada hak orang lain sebesar 1/4 (2,5%)dari rezeki yang kita dapat.berarti setiap kita mendapatkan rezeki sebesar apapun kita wajib memberikan pada orang lain 1/4 (2,5%) itu kan.apa itu tidak termasuk zakat…? terima kasih

    Bismillah, ya betul, itu kalau sudah jatuh haul dan nisobnya maka dikeluarkanlah 2,5% zakatnya, tapi kalau kurang dari 1 tahun (haul) maka tidak ada kewajiban zakat padanya, kecuali jika mau infaq atau shodaqoh dibolehkan.

  4. Assalamu’alaikum..oh jadi yang dimaksudkan seperti itu yah…! terima kasih atas pengetahuan yang diberikan…Wassalamu’alaikum..

  5. […] Adakah Zakat Gaji Bulanan atau Zakat Penghasilan ? […]

  6. […] Adakah Zakat Gaji Bulanan atau Zakat Penghasilan ? […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: