Qur'an dan Sunnah

Agama itu Nasehat

Meninggalkan Sunnah Menyebabkan Hilangnya Agama

Posted by Admin pada 31/05/2009

56. Abdullah bin Ad Dailamy berkata :

Sesungguhnya sebab pertama hilangnya agama ini adalah meninggalkan As Sunnah. Agama ini akan hilang sunnah demi sunnah sebagaimana lepasnya tali seutas demi seutas.” (Al Lalikai 1/93 nomor 127, Ad Darimy 1/58 nomor 97, dan Ibnu Wadldlah dalam Al Bida’ 73)

57. Ia juga berkata, saya mendengar Amru berkata :

Tidaklah dilakukan suatu bid’ah melainkan akan bertambah cepat berkembangnya dan tidaklah ditinggalkan As Sunnah kecuali bertambah cepat hilangnya.” (Al Lalikai 1/93 nomor 128 dan Ibnu Wadldlah 73)

58. Dari Abdullah bin Mas’ud radliyallahu ‘anhu ia berkata :

Ketahuilah hendaknya jangan satupun dari kalian bertaqlid kepada siapapun dalam perkara agamamu sehingga (bila) ia beriman ikut beriman bila ia kafir ikut pula menjadi kafir. Maka jika kamu tetap ingin berteladan maka ambillah contoh dari yang telah mati sebab yang masih hidup tidak aman dari fitnah.” (Al Lalikai 1/93 nomor 130 dan Al Haitsamy dalam Al Majma’ 1/180)

59. Al Auza’i menyebutkan dari Hassan bin Athiyyah, ia berkata :

“Tidaklah suatu kaum berbuat satu bid’ah dalam Dien mereka melainkan Allah cabut dari mereka satu Sunnah yang semisalnya dan tidak akan kembali kepada mereka sampai hari kiamat.” (Ad Darimy 1/58 nomor 98)

60. Dari Yunus bin Zaid dari Az Zuhri ia berkata :

Ulama kami yang terdahulu selalu mengingatkan bahwa berpegang teguh dengan As Sunnah itu adalah keselamatan dan ilmu akan tercabut dengan segera maka tegaknya ilmu adalah kekokohan agama dan dunia sedang dengan hilangnya ilmu hilang pula semuanya.” (Ad Darimy 1/58 nomor 16)

(Sumber : Kilauan Mutiara Hikmah Dari Nasihat Salaful Ummah, terjemah dari kitab Lamudduril Mantsur minal Qaulil Ma’tsur, karya Syaikh Abu Abdillah Jamal bin Furaihan Al Haritsi. Diterjemahkan oleh Ustadz Idral Harits, Pengantar Ustadz Muhammad Umar As Sewwed. Diambil dari http://www.assunnah.cjb.net.)

Iklan

9 Tanggapan to “Meninggalkan Sunnah Menyebabkan Hilangnya Agama”

  1. tforce2009 said

    YA, benar sekali…
    tapi, sering kali kita lihat banyak orang yang menjalankan sunnah tetapi mereka meninggalkan kewajibannya.
    sebagai contoh : pada waktu sholat jum’at, orang yang datang terlambat mengikuti khotbah jum’at, seaktu datang kemudian sholat sunnah, padahal seharusnya mereka duduk dan mendengarkan khotbah jum’at. karena mendengarkan khotbah jum’at itu hukumnya wajib.

    ——————
    Tidak mengapa ia shalat tahiyatul masjid berdasarkan hadits Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassalam:
    Sulaik Al-Ghathafany masuk masjid Nabawi ketika Jum’at, saat Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menyampaikan khutbah, lalu dia langsung duduk.
    Beliau menyuruhnya bediri dan shalat dua rakaat. Kemudian beliau menyatakan bahwa masjid-masjid itu memiliki kesucian dan kehormatan, bahwa ia memiliki hak tahiyat atas orang yang memasukinya. Caranya, dia tidak langsung duduk sebelum shalat dua rakaat.

    Karena itulah beliau tidak memberi kesempatan, termasuk pula terhadap orang yang duduk itu untuk mendengarkan khutbah belaiu.

    Dari Abu Qatadah Al-Harits bin Rab’y Al-Anshary Radhiyallahu
    ‘anhu, dia berkata, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
    Jika salah seorang di antara kalian masuk masjid, maka janganlah duduk sebelum shalat dua raka’at

  2. Banyak sekali orang mengerti akan sunnah NABI alaihissalam ,Tapi mengapa mereka tidak mau mengerjakan,dan ada pula yang mengerjakan sunnah Nabi,akan tatapi mereka kebanyakan menyelewengkan Agama yang mana telah di jelas kan dalam Al Qur’an.Sesungguh nya pada hari ini telah aku sempurnakan Agama mu untukmu,Dan aku telah cukupkan nikmatku bagimu dan aku ridho islam menjadi agamu.

  3. […] Meninggalkan Sunnah Menyebabkan Hilangnya Agama […]

  4. […] Meninggalkan Sunnah Menyebabkan Hilangnya Agama […]

  5. […] Wajibnya Memanjangkan Jenggot dan Memotong Kumis « Qur'an dan Sunnah pada Meninggalkan Sunnah Menyebabkan Hilangnya AgamaDalil-dalil Wajibnya Memanjangkan Jenggot dan Memotong Kumis « Qur'an dan Sunnah pada […]

  6. […] Meninggalkan Sunnah Menyebabkan Hilangnya Agama […]

  7. […] Meninggalkan Sunnah Menyebabkan Hilangnya Agama […]

  8. […] Meninggalkan Sunnah Menyebabkan Hilangnya Agama […]

  9. […] Meninggalkan Sunnah Menyebabkan Hilangnya Agama […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: