Qur'an dan Sunnah

Agama itu Nasehat

Berbicara Soal Dunia di Dalam Masjid

Posted by Admin pada 01/06/2009

Tanya:

Bolehkah berbicara masalah duniawi di dalam masjid, di luar waktu shalat?

Jawab:

Tidak diperbolehkan menjadikan masjid sebagai tempat jual beli dan urusan dagang, serta perkara duniawi yang sejenis, yang di dalamnya mengandung mengeraskan suara (ribut). Karena masjid hanyalah dibangun untuk dzikrullah, membaca Al-Qur’an, dan shalat. Namun dibolehkan pembicaraan yang ringan dalam permasalahan duniawi, tanpa mengganggu orang-orang yang sedang membaca Al-Qur’an dan shalat di sekitar mereka berdua.

Wabillahit taufiq, washallallahu ‘ala nabiyyina Muhammad, wa alihi washahbihi wasallam.

Al-Lajnah Ad-Da’imah lil Buhuts Al-‘Ilmiyyah wal Ifta’, Ketua: Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz, Wakil: Abdurrazzaq Afifi, Anggota: Abdullah bin Qu’ud, Abdullah bin Ghudayyan, (Fatawa Al-Lajnah, 6/283, Pertanyaan kesembilan dari fatwa no. 8898)

1 Diriwayatkan dari hadits Asma` bintu Yazid radhiyallahu ‘anhuma, oleh Ahmad (6/458), Al-Bukhari dalam Al-Adabul Mufrad (hal. 360 no. 1047, cet. As-Salafiyah), At-Tirmidzi (5/58 no. 2697), dan Ath-Thabarani (24/177 no. 445).

Dikutip dari http://www.asysyariah.com/syariah.php?menu=detil&id_online=752, Berbicara Masalah Duniawi dalam Masjid

19 Tanggapan to “Berbicara Soal Dunia di Dalam Masjid”

  1. Tks Infonya..
    Ngobrol didalem mesjid memang Asyik sih dingin, nyantai
    angin semilir sepoi sepoi…

    ————————-
    Namun dibolehkan pembicaraan yang ringan dalam permasalahan duniawi, tanpa mengganggu orang-orang yang sedang membaca Al-Qur’an dan shalat di sekitar mereka berdua.

    Beberapa hadits Tidak boleh dilakukan ketika didalam masjid

    Di dalam masjid kita hanya boleh melakukan shalat baik sunnah maupun fardhu, membaca Al-Qur’an dan membicarakan masalah keagamaan/dakwah, dzikir, atau diam duduk/iktikaf. Mengenai pembicaraan duniawi dalam bentuk apapun dilarang sesuai dengan firman Allah dalam surat An Nur 36-38 : ” Masjid diperuntukkan untuk dzikir, shalat, dan membaca Al-Qur’an dan menyampaikan ilmu dinul Islam ” (lihat pula Fatawa Allajnah Ad Daimah: 6/279).

    Jual beli di dalam masjid juga dilarang berdasarkan hadits:
    “Dari Abu Hurairah bahwasanya Rasulullah bersabda: Apabila kalian melihat orang yang jual beli didalam masjid maka katakanlah kepadanya: Semoga Allah tidak memberi keuntungan dalam jual belimu ! (HR Tirmidzi 1321, Ad-Darimi 1408, Ibnu Khuzaimah 1305, Ibnu Hibban dalam Shahihnya 312, Ibnu Jarud 562, Ibnu Sunni dalam Amal Yaum Wa Lailah 153, Hakim 2/56, dan dia berkata: Shahih menurut syarat Imam Muslim, dan disetujui oleh Adz-Zahabi. Al-Albani menshahihkan dalam Al-Irwa 1295).
    Imam As-Shan’ani berkata: “Hadits ini menunjukkan haramnya jual beli di dalam masjid, dan wajib bagi orang yang melihatnya untuk berkata kepada penjual dan pembeli semoga Allah tidak memberi keuntungan dalam jual belimu ! sebagai peringatan kepadanya” (Subulus Salam 1/321). (Lihat pula An-Nail 1/455 Ats-Tsamar 2/696)

    Bahkan kita dilarang mencari barang yang hilang di masjid, berdasarkan hadits:
    “Dari Abu Hurairah bahwasanya Rasulullah bersabda: Barang siapa yang mendengar seseorang mencari barang yang hilang di dalam masjid maka katakanlah padanya: semoga Allah tidak mengembalikan kepadamu! sebab masjid-masjid itu dibangun bukan untuk itu. (HR. Muslim 568, Tirmidzi 1321, Abu Dawud 473, Ibnu Majah 767 dan Ad-Darimi 1408)

    Tidur terlentang di masjid diperbolehkan berdasarkan hadits:”Dari Abbad Bin Tamim dari pamannya bahwasanya dia melihat Rasulullah tidur terlentang di dalam masjid dengan meletakkan salah satu kakinya di atas kakinya yang lain. (HR Bukhari 475 dan Muslim 2100).
    Al-Khattabi berkata: “Hadits ini menunjukkan bolehnya bersandar, tiduran dan segala bentuk istirahat di dalam masjid” (Fathul Bari 1/729)

    Dibolehkannya tidur didalam masjid bagi orang yang membutuhkannya, semisal orang yang kemalaman atau yang tidak punya sanak famili dan lainnya. Dahulu para sahabat ‘Ahli Suffah (orang yang tidak punya tempat tinggal)’ mereka tidur di dalam masjid. (HR. Bukhori 442). Al-Hafidz Ibnu Hajar menegaskan bahwa bolehnya tidur di dalam masjid adalah pendapat jumhur ulama (Fathul Bari 1/694).

    Apabila seorang muslim mimpi basah sedang tidur di dalam masjid, maka hendaknya ia segera bangun dan meninggalkan masjid. (Fatwa Lajnah Daimah no. 5795)

  2. Bener Banget…Tapi Kalo diLuar/ di halaman Masjid g’ papaKan?..

  3. Aditya said

    Asslmk kk….info yang sangat menarik dan dakwah kk negh secara tidak langsung kepada yang belum tau seperti saya…

    klu ada waktu berkunjung yah kk

  4. ILYAS AFSOH said

    alhamdulillah
    saya dipertemukan dengan blog islami , syukron katsir

  5. pitaxxx said

    assalam..
    nice post ^^..ini lah islam harus saling mengingatkan

  6. anggaarie said

    owh gitu yah…
    kalo ngobrolnya diserambi masjid gimana?

  7. lafa said

    hikz saya sering membicarakan dunia di masjid, sekarang tidak lagi dehh

  8. Yep said

    Terima kasih sudah mengingatkan, blog yang sangat bermanfaat sekali…
    Teruskan ya …aku akan sering kemari untuk belajar
    Salam

  9. Wahhh……..
    Makasi atas infonya, kayaknya akuw harus banyak intospeksi ne…..

  10. rasarab said

    jadi tau sekarang, Makasih ni info nya
    jazakillah khairan

  11. elvigto said

    Sip mas info keislamannya n’ smgat terus berdakwahnya, ok!!!

  12. Berada di benua eropa, Islam tetap tumbuh dan berkembang di kawasan itu.
    Walaupun menjadi Minoritas Di Kawasan Eropa, Umat Muslim tetap memiliki Masjid – Masjid yang luar biasa dengan corak arsitektur yang berbeda dengan Masjid pada umumnya di Kawasan Timur Tengah maupun Asia.
    Berikut ini koleksi Foto Masjid yang berada di Inggris, Belanda, Belgia, Perancis, Spanyol dan Italia.

    Ma’af mas link donlot saya hapus karena tidak dibolehkan oleh wordpress

  13. Teknomotif said

    tks infonya ya

  14. […] Berbicara Soal Dunia di Dalam Masjid […]

  15. […] Berbicara Soal Dunia di Dalam Masjid […]

  16. memed sofyan said

    yang belum saya fahami batasan pembicaraan antara masalah dunia dan bukan.contoh dalam pengajian di masjid seorang mubaliq sering memeberi contoh yg berhubuang dengan kedunian. itu bagaimana? pengajian atau ta’lim termasuk dalam dzikir

  17. […] Berbicara Soal Dunia di Dalam Masjid […]

  18. […] Berbicara Soal Dunia di Dalam Masjid […]

  19. […] Datang dan Pulang dari MasjidPAKAIAN WANITA DALAM SHOLAT « Qur'an dan Sunnah pada Berbicara Soal Dunia di Dalam MasjidPAKAIAN WANITA DALAM SHOLAT « Qur'an dan Sunnah pada Yang Muslimah Lakukan ketika Hendak […]

Tinggalkan komentar