Qur'an dan Sunnah

Agama itu Nasehat

Hukum Syukuran Menempati Rumah Baru

Posted by Admin pada 24/06/2009

Tanya : Apakah hukumnya melakukan syukuran ketika akan pindah rumah dan hal-hal apa yg perlu dilakukan ketika akan pindah rumah menurut tuntunan Rasulullah Shallallahu ‘alayhi Wasallam ?

(Ibnu Sarbini – abdullahxxx@yahoo.com)

Jawab : Syaikh Al-Fauzan ditanya mengenai masalah ini, maka beliau menjawab, Tidak mengapa mengadakan pesta (undangan makan) ketika pindah ke rumah baru, dengan mengundang teman-teman dan karib kerabat, jika dia mengerjakannya semata-mata untuk mengungkapkan kesenangan dan kegembiraannya. Adapun jika acara itu disertai dengan keyakinan bahwa acara itu bisa mencegah kejelekan jin, maka mengerjakan amalan ini tidak boleh, karena itu adalah kesyirikan dan keyakinan yang rusak. Adapun jika dikerjakan karena adat, maka tidak masalah.”[Dinukil dari Al-Muntaqa jilid 5 no. 444]

Dan Syaikh Ibnu Utsaimin ditanya dengan teks soal sebagai berikut: Telah membudaya di tengah-tengah manusia, bahwa siapa saja yang pindah ke rumah baru atau membeli rumah baru atau dia mendapat pekerjaan atau dia naik jabatan atau yang semisalnya, maka dia mengadakan semacam acara makan-makan.  Apa hukum amalan ini?

Beliau menjawab, “Ini termasuk dari pesta-pesta yang mubah, maka boleh bagi seseorang untuk mengadakan acara ketika dia pindah ke rumah baru atau ketika dia lulus -misalnya-. Yang jelas, jika pestanya diadakan karena adanya moment tertentu, maka tidak ada masalah.

[Dinukil dari Fatawa Muhimmah li Muwazhzhifil Ummah]

Wallahu A’lam

Sumber : http://almakassari.com/?p=76, Oleh : Ustadz Hammad Abu Mu’awiyah, Judul: Hukum Syukuran Menempati Rumah Baru

5 Tanggapan to “Hukum Syukuran Menempati Rumah Baru”

  1. Jika mengadakan syukuran tujuannya untuk mengusir kejelekan jin, tapi tentu saja dengan meminta nya kepada Allah, juga dikatakan syirik pak?..
    Meminta bantuan kepada Allah loh?! Dengan cara acara gitu?!
    Kedai

    Syukuran pindahan rumah, naik pangkat ataupun lulus ujian hanya sebatas undangan makan makan saja,tidak ada acara lain karena ini acara yang mubah.
    adapun ada tambahan khusus dengan ritual ini khawatirkan menjadikan hal yang bid’ah.
    Tidak pernah ada riwayat rasulullah dan para sahabat termasuk ta’biin mengadakan ritual syukuran mengusir jin. Kita beribadah harus ada contohnya dari rasulullah.kalau tidak acara tersebut menjadi Bid’ah.

    • Hasan Syeahroni said

      Assalam

      Ya ialahh… itu juga sudah termaksud syirik… Makadari itu niatlah yang benar. Segala sesuatu jika niatnya benar (Ridha Allah Swt) maka hasilnya pun benar.

      Wassalam

  2. maka tidak lah wajib untuk keluarga yang baru pindah untuk mengadakan syukuran tetapi memperkenalkan diri itu penting
    untuk menambah saudara

  3. zakiirshad said

    lam kenal, nice to know you#

  4. Hasan Syeahroni said

    Assalam

    Tergantung niat, jika niatnya agar bisa mencegah kejelekan jin…hhmmm itu sudah salah satu kemusyrikan. Jika niatnya untuk merayankan dan meminta ridha Allah Swt pada bangunan baru tersebut. No problem laaahhh…

    Wassalam

Tinggalkan komentar