Qur'an dan Sunnah

Agama itu Nasehat

Ancaman Bagi Yang Membatalkan Puasa Ramadhan dengan Sengaja

Posted by Admin pada 01/09/2009

Penulis: Syaikh Salim bin Ied Al-Hilaaly

Dari Abu Umamah Al-Bahili Radhiyallahu ‘anhu, ia berkata : Aku pernah mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda (yang artinya) :Ketika aku tidur, datanglah dua orang pria kemudian memegang dhabaya (1) membawaku ke satu gunung yang kasar (tidak rata), keduanya berkata, “Naik”. Aku katakan, “Aku tidak mampu“. Keduanya berkata, ‘Kami akan memudahkanmu’. Akupun naik hingga sampai ke puncak gunung, ketika itulah aku mendengar suara yang keras. Akupun bertanya, ‘Suara apakah ini?’. Mereka berkata, ‘Ini adalah teriakan penghuni neraka’. Kemudian keduanya membawaku, ketika itu aku melihat orang-orang yang digantung dengan kaki di atas, mulut mereka rusak/robek, darah mengalir dari mulut mereka. Aku bertanya, ‘Siapa mereka?’ Keduanya menjawab, ‘Mereka adalah orang-orang yang berbuka sebelum halal puasa mereka.(2) .” [Riwayat An-Nasa'i dalam Al-Kubra sebagaimana dalam Tuhfatul Asyraf 4/166 dan Ibnu Hibban (no.1800-zawaidnya) dan Al-Hakim 1/430 dari jalan Abdurrahman bin Yazid bin Jabir, dari Salim bin 'Amir dari Abu Umamah. Sanadnya shahih].

Adapun hadits yang diriwayatkan bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda (yang artinya) : “ Barangsiapa berbuka satu hari saja pada bulan Ramadhan dengan sengaja, tidak akan bisa diganti walau dengan puasa sepanjang zaman kalau dia lakukan” Hadits ini lemah, tidak shahih. Pembahasan hadits ini secara rinci akan di bahas di akhir kitab ini.

Footnote:

(1). Yakni : dua lenganku

(2). Sebelum tiba waktu berbuka puasa

(Judul Asli : Shifat shaum an Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam Fii Ramadhan, penulis Syaikh Salim bin Ied Al-Hilaaly, Syaikh Ali Hasan Abdul Hamid. Penerbit Al Maktabah Al islamiyyah cet. Ke 5 th 1416 H. Edisi Indonesia Sifat Puasa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam oleh terbitan Pustaka Al-Mubarok (PMR), penerjemah Abdurrahman Mubarak Ata. Cetakan I Jumadal Akhir 1424 H.)

Dikutip dari: http://salafy.or.id , Penulis: Syaikh Salim bin Ied Al-Hilaaly, Judul: Ancaman Bagi Yang Membatalkan Puasa Ramadhan

Diarsipkan pada: http://qurandansunnah.wordpress.com/

About these ads

4 Tanggapan to “Ancaman Bagi Yang Membatalkan Puasa Ramadhan dengan Sengaja”

  1. makasih atas info na…

  2. abdurrahman kreo said

    bismillah,Allohumma inni ‘audzubika minal adzab.wa naar.jazakallohu khoir

  3. Terimakakasih atas suport dan dukungannya… pendidikan agama sangat penting untuk pendidikan anak remaja terutama anak anak seusia smk… maka dari itu kami memasukan situs ini dalam blogroll kami….

  4. idien said

    ya Allah kadang aku tidak puasa….. karena suatu hal… ampuni aku ya Allah… terimakasih motifasinya semoga ini menjadi bermanfaat utk aku dan orang lain….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 673 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: